BUDAYA VISUAL

a. Kebudayaan Babilonia
Babilonia merupakan sebuah kerajaan yang amat maju. Ketika dipimpin oleh Hamurabi, Undang-Undang kerajaan Babilonia dipahatkan dalam bentuk tulisan paku pada sebuah tugu.
Sejumlah relief Umumnya Menggambarkan kegiatan masyarakat Babikonia yang selalu berhubungan dengan keagamaan





b. Kebudayaan Persia
Peradaban Persia adalah bentuk kebudayaan besar dunia yang telah nampak sejak 3000 tahun yang lalu. Pada tahun 549 SM. Cyrus raja Persia menaklukkan wilayah Medes dan membangun kekaisaran yang luas. Relief-relief yang tersisa pada peninggalan kerajaan Persia menunjukkan penggambaran upacara-upacara dan kehidupan pesta pora istana. Bangsa Persia lebih menunjukkan kemegahan dan kemenangan dari pada kehidupan lainnya.



c. Kebudayaan Islam
Sejarah kebudayaan islam secara garis besar dapat dibagi atas 3 periode, yaitu periode klasik(650-1250) saat nabi Muhammad masih hidup, dilanjutkan oleh pemerintahan para khalifah Bani Umayyah dan Bani Abbasiyah. Kemudian periode pertengahan (1250-1800) semasa kesultanan Ottoman(Turki Usmani) dan kekaisaran Mogul, serta periode ketiga , dikenal sebagai periode modern(1800-sekaarng).
Selama 3 periode tersebut, banyak peninggalan budaya rupa yang bermakna, seperti kaligrafi, bentuk kubah mesjid, hingga pakaian khas muslim yang berkembang diberbagai wilayah negara yang beragama islam. 





d. Kebudayaan Cina
Para ahli sejarah menilai bahwa bangsa Cina purba telah ada sejak 500.000 tahun yang lampau, dan mereka telah membangun kota secara lebih teratur sejak 5.500 tahun yang lalu. Pada masa itu, bangsa Cina telah mengenal tulisan, kertas, sutra, alat cetak, bahkan mesiu.
Pada tahun 221 SM, Shi Huang Thi dinobatkan sebagai kaisara Cina pertama yanng menguasai seluruh daratan Cina. Pada masa itu dibangun tembok besar Cina. Kemudian dibangun sebuah makam besar untuk tempat penguburan sang kaisar yang dikelilingi oleh ribuan petung serdadau terakotaa yang dilengkapi dengan senjata.





d.Kebudayaan Mesir
Kerajaan Mesir kuno adalah negara yang makmur dabn kaya, oleh karena itu kebudayaanya dapat tumbuh dengan mantap. Tatanan peradabannya dibangun selama berabad dengan berbagai karya besar, seperti bangunan Piramida, phinx, , huru hieroglif, obelisk dan berbagai artfak lainnya. Bangsa Mesir percaya adanya roh pada diri manusia dan roh ini setelah mati nantinya akan menghuni kerajaan Hosiris di alam akhirat. Kepercayaan inilah yang memicu perkembangan perdaban Mesir melalui dibangunnya beraneka macam bangunan monumental.
Ciri utama ragam hias kebudayaan Mesir adalah banyaknya wujud visual berbentuk geometri; garis vertikal dan horizontal; wujud kepala binatang mitologis; warna merah, biru dan emas; ragam komposisi huruf hierogli; dan penggambaran satu muka(samping).





Sumber: http://sanni-murni.blogspot.co.id/2011/03/budaya-visual-kebudayaan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Absen dl y,,

 
;