Keutamaan 'Sadar'

Kau tahu kadang manusia hilang kesadaran meski dia 100 % melek. Begitu juga dengan aku, yang mungkin boleh dikatakan sering tidak sadar. Tidak sadar bahwa apa yang kita batin, kita pikirkan hanya membawa kemudharatan saja. Apa yang kita bicarakan sama sekali bukan lah hal yang bermanfaat dan melenakan. Apa yang kita lakukan jauh dari hal-hal yang produktif. Mungkin malah perbuatan kita itu bisa membawa kepada marabahaya untuk diri sendiri dan orang lain. Perbuatan yang tidak dilandasi dengan kesadaran seringkali menyebabkan kerugian. Itu lah pentingnya kita senantiasa menjaga diri ini agar selalu tetap sadar.

Sadar sangat penting bagi orang yang sudah bisa berfikir. Dengan kesadaran pola dan sistem berfikir akan lebih terencana dan jelas arahnya. Sangat berbeda dengan cara hidup orang yang berjalan tanpa ada kesadaran. Hidup yang sadar akan membawa kemanfaat dunia dan akhirat jika kita seorang muslim. Dalam Islam ini disebut iksan. Selalu sadar bahwa dalam hidup ini ada yang mengatur dan senantiasa mengawasi. Sehingga semua dalam kesadaran penuh bahkan saat raga ini tidur.

Sekarang, aku sedang menghadapi dilema. Aku sadar bahwa dulu aku salah, suka menuduhmu ini dan itu. Tapi, setidaknya aku ungkapkan itu langsung. Aku berharap jika tidak benar kamu bisa menjelaskannya padaku. Sekarang aku sadar, aku dulu bersalah. Tapi rasanya kesalahan yang tak sebanding dengan hukuman yang kuterima rasanya. Tapi, mungkin emang bukan jodoh. Jadi ya sudahlah.

Kesadaran hal itu akan membuatku lebih hati-hati. Kesadaran yang akan membawaku berjalan lebih jauh. Berjalan dengan hati, jiwa, dan perasaan yang sadar. Semoga aku selalu sadar dan bertemu dengan orang-orang yang sadar juga. amin...

Dan tiba-tiba aku sadar bahwa bapakku ingin aku punya mobil. Sekarang aku bertugas di desk Otomotif. Ini salah satu mobil VW kesukaanku yang berhasil kubidik dengan mata lensa kameraku.


Semoga, aku bisa memilikinya. Dan kesadaranku akan keinginan ini membuat aku tidak boros. Semangat bekerja dan mengusahakan yang halal. Agar rejekiku berkah dan membawa kemanfaatan. Amin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Absen dl y,,

 
;