Kepakaran

Prihatin dengan kondisi mahasiswa lulusan Sastra di kampusku. Mayoritas bekerja di luar kepakarannya. Dan tragisnya lagi nasib lebih buruk menimpaku. Aku menjadi lulusan terakhir dari angkatanku. Namun dari pelajaran ini aku malah semakin termotivasi untuk terus mengmbangkan pengetahuanku tentang sastra dan budaya. Sebuah hobi yang sebenarnya lama aku sukai namun baru akhir-akhir ini ingin serius aku dalami.
Well, you know i study English literature. I love this subject so much. Although, my motivation was disturbed by the institution condition. Whatever, alhamdulillah i can take the lesson from my journey.
Beside writing, i'll improve my knowledge in my love subject that i have spent 7 years to study it in deeply.

Oke, aku akan mencoba menerangkan sebarapa dalam pemahamanku tentang ilmu sastra. cekidot!
Sastra yang dalam bahasa inggris 'literature' memiliki aspek-aspek yang tak bisa terpisahkan sebagaimana ilmu-ilmu lainya. 
Sastra adalah ilmu yang erat kaitanya dengan budaya dan bahasa. Tentu saja sastra tidak lepas dari nilai-nilai agung manusia. Dan yang pasti ada dalam sastra adalah cinta. Cinta begitu kuat menghadirkan kesan emosional yang menyita perhatian manusia. Cinta pula lah yang menghadirkan kekuatan seni dan nilai-nilai estetika dalam sebuah karya.
Ada banyak jenis karya sastra. Namun hanya beberapa yang dikenal masyarkat. Beberpa diantaranya itu mungkin yang paling melingkupi dan mempengaruhi hidupmu. Apakah itu?
1. Puisi
Puisi adalah perasan kata-kata yang sarinya dipilih dan dirangkai menjadi sebuah bait yang hadirkan makna yang berkesan dan memiliki arti yang dalam.
2. Prosa
Prosa adalah cerita yang menghusung satu kisah yang terfokus konfliknya. Prosa juga akrab dikenal sebagai cerpen. Meski sebenarnya masih ada jenis-jenis cerita prosa lain selain cerpen.
3. Drama
Drama, opera, atau teater memiliki kekhasan yang tak bisa terpisahkan dengan seni pertunjukkan. Memang pada hakekatnya karya ini dibuat untuk dipertunjukkan.
4. Film
Film adalah sebuah cerita yang di visualkan dan dilengkapi dengan audio. Sehingga orang bisa benar-benar jelas dan paham dengan apa yang disajikan.
Baiklah ini dulu penjelasan sederhanaku. Nanti aku buatkan yang lebih detail dan lebih tersistem.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Absen dl y,,

 
;